Tumbal Pesugihan, Tak Sengeri Judulnya

Assalamu alaikum ❤


Tumbal Pesugihan. Membaca judulnya aja udah ngeri duluan ya. Tapi sepertinya yang horor-horor gini memang mengundang rasa penasaran ya. Balada antara pecinta genre horor dan drama.


Bila saja waktu itu, aku tidak keranjingan membaca cerita di KBM yang berjudul Tumbal Pesugihan mungkin aku tidak akan kenal bakul buku asal Salatiga membaca buku ini sampai selesai.

tumbal-pesugihan-tak-sengeri-judulny


Setelah selesai part ala KBM, akhirnya Mbak Lis Susanawati melanjutkan Tumbal Pesugihan dalam bentuk novel.


Buat ibu-ibu yang doyan baca gratisan, tidak ada salahnya membeli novel ini karena dijamin bakal kerasukan ketagihan Mas Erick.


Judul: Tumbal Pesugihan

Nama Pengarang: Lis Susanawati

Terbit Buku: April 2020

Penerbit: CV. Biru Magenta Media

Jumlah Halaman: vii + 259 halaman

Format: 13x19 cm

ISBN: 978-623-7888-23-9

Genre: Horor, Drama


Sinopsis Novel Tumbal Pesugihan:

"Kamu yaki nmenerima lamaran itu, nggak takut? Menantu sama dua cucu mereka meninggal karena kecelakaan. Terus Emir jadi agak terganggu kejiwaannya. Erick juga bercerai dari istrinya. Kamu yakin, Vi?" tanya Leni, teman sekolah Sovia dulu.


Kabar angin berhembus di masyarakat, tidak menyurutkan niat Sovia untuk menerima perjodohan dengan Erick Hermanto. Seorang sarjana arsitektur, putra kedua dari keluarga yang diisukan punya pesugihan.


Sovia ingin membuktikan sendiri, apakah benar, keluarga suaminya seperti yang dibicarakan orang-orang? Tapi bukan bukti yand didapat Sovia. Justru ia dihadapkan pada sikap dingin pria manly yang menikahinya.


Bagaimana kehidupan Sovia selanjutnya? Ketika tanpa disadari Sovia, karena kehadirannya di rumah itu justru membuat Emir, sang kakak ipar jatuh hati dan pulih dari depresi.


Setelah Membaca Buku Tumbal Pesugihan

Awalnya memang excited. Tapi sebenarnya agak shock juga karena ternyata meskipun judulnya adalah Tumbal Pesugihan, tidak ada cerita horor sama sekali. Seperti misalnya, ketemu makhluk hitam tinggi besar berambut panjang rewo-rewo dengan taring yang nyaris sama panjangnya.


Nope. Jika kamu penggemar novel horor, aku saranin mending kamu jangan baca novel ini karena novel ini ternyata adalah novel bergenre drama romantis!


Tapiii aku memang suka penggambaran penulis bahwa sebenarnya entah ada atau tidak, pesugihan itu memang ada yang ngelakoni. Itu urusannya mereka sama iblis di akhirat. Tentu saja siap-siap dilaknat Allah karena telah bersekutu dengan setan.


Justruuu, aku mendapatkan cerita romantis dari Sovia, Mas Erick juga Mas Emir.


Alur yang aku baca, cenderung hangat melelehkan sebagian gunung Fuji.


Meskipun novel ini mengambil alur maju mundur, tapi tidak bikin pusing.


Pelajaran buat kalian siapa saja yang mungkin (kita kan nggak tahu ya) kalau nenek moyang kita entah keluarga kita sendiri memiliki perjanjian dengan bangsa jin, ada baiknya kita segera meminta tolong pada Allah agar dilunturkan perjanjian tersebut.


Banyak-banyak berdoa padaNya juga jangan pernah meninggalkanNya. Semua ini adalah ujian. Baik itu sehat-sakit, kaya-miskin, cantik-ganteng semua punya ujian masing-masing. *duh ngerasa lagi ceramah!


Rate buat novel Tumbal Pesugihan 

☆★★★

1 komentar


  1. Ini novel tapi judulnya clickbait, yaa.. Haha.. Tau aja kalau cerita horor punya penggemar yang ngga sedikit. Pecinta horor bakal kecewa ngga ya kalau sampai beli buku ini? 🙊

    Btw, trus si Sovia akhirnya malah sama kakak iparnya, gitu?

    BalasHapus