Pilih Ebook atau Buku Cetak?

pilih-ebook-atau-buku-cetak


 Assalamu alaikum. Semangat pagi teman-teman ❤


Bicara tentang buku, selalu ada yang menarik untuk diulas. Baik itu resensi kita mengenai buku itu sendiri, atau bahkan membahas hal-hal yang berhubungan dengan buku. Belakangan ini, buku tidak hanya dicetak secara fisik, melainkan juga diterbitkan menjadi ebook.


Sayangnya, yang namanya pencurian hasil karya, tetap saja ada. Meskipun sudah diterbitkan secara digital.


Padahal, daripada membaca buku ilegal seperti itu, mengapa tidak menjatuhkan pilihan pada perpustakaan digital. Saya sendiri, sekarang lebih mengusahakan membaca secara legal, biar jatuhnya ilmu yang didapat itu lebih berkah.


By the way, jika disuruh memilih ebook atau buku cetak, manakah yang akan kamu pilih? Cek juga yuk, apa pilihanku dan mengapa jatuh pada pilihan tersebut.


Ebook, Pilihan Buku Digital untuk Menyelamatkan Hutan


Tahukah kamu, bahwa kertas yang dipakai untuk mencetak buku-buku itu semuanya berasal dari hutan. Padahal saat ini, para penggiat lingkungan sedang berupaya menyelamatkan hutan!


Ebook sendiri bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin ikut menyelamatkan hutan.


Selain itu, ebook sekarang ini juga mudah didapatkan hanya dengan berlangganan di Gramedia digital atau di Google Books. Saya sendiri lebih memilih beli di Google Books. Sebab, selain karena pasti kita semua memiliki akun Google, otomatis tidak perlu membuat akun lagi di aplikasi lain. Apalagi sekarang membaca buku di Google Books juga tidak melulu harus membaca lewat ponsel pintar. Aku sendiri lebih sering membaca ebook lewat laptop atau komputer.

pilih-ebook-atau-buku-cetak


Rasanya sama saja, seperti membaca buku cetak. Tapi tentu ada resikonya!


Mata menjadi lebih lelah daripada membaca buku cetak. 


Ya semua itu kan memang harus ada batas minimalnya. Maksudku membaca buku. Sayangnya, terkadang saat sedang keasyikan membaca sebuah judul, dalam semalam pun aku rela begadang dalam menyelesaikan membaca buku.


Nah cuma di situ sih masalahnya!


Buku Cetak yang Tak Pernah Kehilangan Pembacanya


Meskipun buku digital bertebaran di mana-mana, rasanya memang tetap tak bisa disamakan dengan membaca buku yang bisa berada dalam genggaman.


Buku cetak bisa dibawa ke mana-mana, bahkan ke atas tempat tidur. Ya meskipun, buku digital juga sama (yang ada di dalam android).

pilih-ebook-atau-buku-cetak


Buku cetak juga tidak tergantung baterai. Mau kapanpun dan di manapun, asal mau membawa saja, tetap bisa membaca.


Memberikan tanda batas bacaan juga lebih mudah dilakukan jika kamu membaca buku fisik. Tentu saja akan lebih dilakukan jika kamu berniat memberikan tanda baca di ebook yang kamu punya.


Membaca buku cetak sembari menikmati teh hangat di sore hari, sambil duduk-duduk santai di teras rumah memiliki efek menenangkan juga terlihat lebih instagramable, daripada kamu duduk di teras sambil membaca ponsel. Padahal sama-sama membaca buku kan? Wwkkwkk.


So, sekarang di keputusan akhir.


Pilih Ebook atau Buku Cetak?


Baik ebook ataupun buku cetak, semuanya sama-sama baik dan tentu saja punya kelebihan maupun kekurangan masing-masing.


Tetapiii bila disuruh memilih, mungkin untuk saat ini aku lebih memilih ebook. Meskipun tidak dipungkiri juga aku masih menimbun beberapa buku di rumah.


Ebook sering aku baca saat waktu senggang di kantor, ataupun menjelang tidur. Rasanya membawa ebook itu lebih mudah dan lebih ringan.


Selain itu, aku juga kepengen ikut melestarikan go green - only print when necessary 👀


Bagaimana denganmu? Lebih suka ebook atau buku fisik?


Tidak ada komentar