Review Main Matematika Yuk


Semasa sekolah matematika sering disebut pelajaran yang mematikan. Tetapi, siapa nyana! Ternyata, saya adalah lulusan sarjana matematika murni dari sebuah Perguruan Tinggi Negeri.

Kini, saya tidak berharap anak saya melanjutkan jejak saya untuk kuliah di Jurusan Matematika. Tetapi, saya berharap mereka menguasai matematika sebagai dasar untuk bidang lainnya. Maka, sebisa mungkin saya terus berdoa agar mereka bisa menganggap matematika adalah pelajaran yang menyenangkan!

Caranya adalah membiasakan matematika dalam kehidupan sehari-hari.


Sewaktu kuliah, dosen kami memang selalu mewanti-wanti agar matematika tidak dijadikan momok yang menakutkan. Apalagi, sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita sudah berkutat dalam matematika, hanya saja hal tersebut sering kurang kita sadari.

Maka, ketika membaca artikel di sebuah web parenting yang ditulis oleh Mbak Rahayu Pawitri, saya langsung menanyakan pada beliau, apakah buku yang direkomendasikan dalam artikel tersebut bagus?

Beliau menjawab iya!

Bahkan Mbak Wit (panggilan beliau) mengatakan kenal dengan pengarangnya yaitu Mbak Rani.

Mbak Rani dikatakan dapat mengajarkan quantum pada anak SD. Ng, sebenarnya dalam logika saya, quantum baru dimengerti anak saat logika anak sudah berjalan.

Judul Buku : Main Matematika Yuk
Cara Mudah dan Menyenangkan Mengajarkan Dasar-Dasar Matematika Pada Balita
Penulis: Anggraini Adityasari
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-9708-9


Dalam buku ini, Mbak Rani kembali mengingatkanku pada kuliah dasar matematika. Selama 8 semester, saya tak hanya mempelajari plus tambah kali bagi, melainkan juga aljabar x dan y. Beberapa mata kuliah dari matematika dasar, aljabar 1-3, geometri dasar, geometri ruang, geometri analytik, statistik dasar-lanjutan, PDB persamaan diferensial bilinier, analisis runtun waktu, matematika ekonomi, dll. Wah jane menyenangkan ya, inget mata kuliah tersebut.

Ng, aku sendiri dulu paling suka kuliah geometri baik dasar, ruang dll. Sayang skripsi tentang geometri ini menyangkut dimensi pangkat N.

See? Matematika sendiri luas banget kan?

Mbak Rani mengajak kita para orang tua untuk mengajarkan matematika dengan mudah dan menyenangkan!

Bagaimana caranya agar dapat mengajarkan matematika supaya menyenangkan bagi anak?

1. Mengenalkan matematika lewat bermain.

2. Matematika dengan bercerita.

3. Matematika dengan menyanyi.

Sebenarnya Mbak Rani lebih menekankan bahwa mengajarkan matematika tidak harus spaneng! Tidak juga mengajarkan bahwa matematika hanya berkutat di penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Matematika yang diajarkan pada balita lebih ditekankan untuk:
1. Mengenal Pola
2. Mengenal Bentuk
3. Pengelompokan
4. Perbandingan
5. Korespondensi Satu-Satu

Seperti apa permainannya? Silakan baca langsung di bukunya ya.

Selamat membaca.

#Day14
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst


pohon literasi

Tidak ada komentar