Review Novel Secret of the Red Sky 1

Saat langit berwarna merah dan ketika itu pula, Ha Ram sang peramal langit mulai melihat langit dan dunia dengan warna merah. Kejadian ini terjadi saat Ha Ram ditugaskan menjadi pemimpin upacara pemanggilan hujan di istana. Apa yang sebenarnya menjadi Secret of the Red Sky?

Anyeong haseyo.

Lama tidak menulis review buku kesayangan. Saking sayangnya sama buku ini, aku memutuskan untuk membaca ulang kembali kisah Ha Ram dan Hong Cheon Gi.

Sebelum akhirnya novel ini diangkat menjadi sebuah drama yang berjudul Lovers of the Red Sky, aku memutuskan untuk membuka segel buku yang sudah lama terendap.

Maaf, sebaiknya kelakuan menimbun buku ini jangan ditiru ya. Awalnya aku skeptis sama buku ini karena sampulnya berwarna merah yang aku udah curiga akan bernuansa dark gitu lah. Ternyata, wowww.. amazing sekali lah ya karya Jung Eun Gwol eonnie ini!

Secret of the Red Sky

Karya: Jung Eun Gwol

Ukuran: 14 x 20 cm

Diterbitkan oleh: PT. Haru Media Sejahtera

Jumlah Halaman: 542 halaman

Penerjemah: Seini Intanalia

Penyunting: Hisni Munafarifana

ISBN 978-602-52185-5-2(2)

Blurb Red Sky

Ha Ram, peramal langit dengan ketampanan surgawi yang bertugas di Istana Gyeongbok.

Ia tidak bisa melihat bintang di langit.

Ketika dia membuka mata, seluruh dunia akan terlihat berwarna merah darah. Ia menjadi buta saat masih kecil. Sejak pertemuannya dengan Hong Cheon Gi, sebuah tirai yang akan mengantarkannya pada rahasia langit merah yang menyelimuti matanya perlahan-lahan mulai tersingkap.

Hong Cheon Gi, pelukis genius yang menyukai tantangan.

Ia adalah gadis dengan suara lantang layaknya seorang laki-laki. Gadis beracun dan keras kepala yang bahkan membuat harimau tidak jadi melahapnya. Dua puluh tahun kehidupannya sebagai seorang pelukis yang hanya mengenal kuas dan lukisan, berubah drastis sejak dia memungut seorang pemuda yang jatuh dari langit.

Lee Yong, Pangeran Anpyeong yang berkelana mencari keindahan.

Ia sangat mencintai karya seni melebihi siapa pun sehingga sebuah lukisan dan puisi yang indah saja bisa membuat tangan dan kakinya langsung lemas. Laki-laki penuh kebebasan yang selalu mengharapkan berbagai kejadian seru. Sampai sekarang hanya Hong Cheon Gi satu-satunya orang yang bisa membuatnya merasa begitu senang.

Cerita Secret of Red Sky ini kabarnya di Korea sebenarnya hanya terdiri dari satu buku, tetapiii ...  berhubung diterjemahkan, jadinya dibuatlah dua buku. Secret of the Red Sky season 1 bersampul merah, dan Secret of the Red Sky season 2 bersampul biru. 

Sebetulnya ceritanya, setahun yang lalu aku membeli yang sampul biru dulu. Setelah aku bertanya sama temanku, ternyata memang harus beli yang pertama dulu baru mudeng dengan cerita dari buku yang kedua!

Secret of the Red Sky on My Opinion

Mengambil setting di era Joseon, saat pemerintahan Raja Sejong (Tahun Kuda Tanah Yang, 1438M). Berpusat dengan tokoh utama Hong Cheon Gi atau Hong Nyeo atau Hong Bandi. 

Aku merasa berputar-putar saat membaca halaman awal-awal, di mana jenis lukisan pada masa itu memiliki banyak nama, sebut saja Boosoochan, Cheoyong, Daesaheon, Gyehwedo, Haengchado, Haengsado, Hodo, Hwawonhwa, Irwolobongdo, Mooninhwa, Munbae, Sanakdo, Sansoohwa, Sehwa, dan Suphamyo.

Benar-benar membuat pusing!

Beberapa bab pertama, aku masih harus membolak-balik ke halaman awal karena hampir semua jenis lukisan disebut. Untunglah, semakin ke sini hanya munbae, sansoohwa dan sehwa yang disebut.

Belum lagi, ada istilah penyebutan nama dan gelar pejabat.

Tapi kepusinganku bisa dikatakan terobati dengan ceritanya yang We O We.

Setiap bab selalu membuatku tersenyum malu sendiri. Bahkan, tidak sedikit adegan lucu.

"Kamu tidak akan percaya siapa aku! Aku adalah Pangeran Anpyeong" kata Pangeran Anpyeong

Cheong Gi dengan percaya diri, "Apa buktinya jika kamu adalah pangeran? Jika kamu adalah Pangeran Anpyeong, maka aku adalah istrinya Pangeran Anpyeong."

Meskipun alurnya lambat dan terkesan mengulur-ulur di awal-awal, tetapi aku makin menikmati setelah menghabiskan 1/3 bagian buku. Banyak adegan lucu dan malu-maluin antara Ha Ram, Cheon Gi, dan Pangeran Anpyeong.

Saat yang lain membaca buku ini untuk mencocokkan sejarah Korea pada masa pemerintahan Raja Sejong, aku justru belajar metafisika dari novel ini. Semacam mendapat kuliah 4 sks tentang dunia ghaib yang ada di Korea.

Bikin merinding tapi semakin penasaran.

Mengapa bola mata Ha Ram bisa menjadi merah dan menjadi buta? 

Apakah benar dia yang menyebabkan ayahnya meninggal? 

Lalu suara siapa yang hanya bisa didengar oleh Ha Ram? 

Lalu siapa sebenarnya nenek pengemis itu?

Jujur aja, aku mengambil kesimpulan sendiri bahwa Ha Ram ini kerasukan setan. Tapiii tetap saja penasaran dan akhirnya lanjut lagi ke Secret of the Red Sky 2.

Tidak ada komentar